Thursday, May 31, 2007

Salut tuk Bang Yos

Salut tuk Gubernur DKI, Bang Yos

Kemaren tersiar berita di TV2, ttg kunjungan Bang Yos ke Austalia, tepatnya di Negara Bagian New South Wales, atas permintaan pemerintah Australia dalam rangka urusan kerjasama. Akan tetapi yang terjadi saat Sutiyoso sedang berada di kamar hotelnya, dua orang polisi Federal Australia masuk ke kamarnya dengan menggunakan kunci master milik hotel. Menurut Bang Yos, dua polisi Australia tiba-tiba meminta dirinya hadir dalam sidang pengadilan untuk kasus di Balibo, Timor Timur (Menurut Sutiyoso, timnya bukanlah tim berkode sandi Susi, namun Ummi). Permintaan itu tak dipenuhi Sutiyoso dan dianggap sebagai pelecehan terhadap dirinya sebagai pejabat negara. Sementara dalam jumpa pers di Balai Kota, Jakarta Pusat, dia menduga yang terjadi terhadap dirinya karena informasi yang tak akurat, terutama berkaitan tugasnya di Timtim dulu.

Akibat peristiwa tak mengenakkan itu, Sutiyoso kemudian merekomendasikan hubungan sister city antara Jakarta dan Kota Sydney, New South Wales yang terjalin sejak tahun 1994 ditinjau ulang. Dia beralasan, peristiwa yang dialaminya mencerminkan arogansi Australia terhadap Indonesia. Selain itu Sutiyoso juga meminta pemerintah Australia untuk minta maaf atas insiden itu.

Terlepas dari terlibat atau tidaknya Bang Yos dalam peristiwa itu, Saya sangat salut kepada bang Yos, karena tidak semua pejabat di negeri ini bisa bertindak begitu.. Setelah merasa dilecehkan, beliau langsung mempercepat kunjungan dan membatalkan beberapa pertemuan, bahkan meminta pemerintah Australia tuk minta maaf.. Salut dah buat Bang Yos...

No comments: